Jumat, 27 April 2012

HASIL DISKUSI PENDIDIKAN


Pertanyaan
1.       Coba jelaskan dimana sebenarnya persinggungan teknologi dan pendidikan .
2.       Dari buku Psikologi pendidikan John W. Santrock hal 496-499, coba bandingkan dengan kehidupan sehari hari ( lebih spesifik di Indonesia atau bahkan yang di dapatkan di masa SMA )
3.       Apa itu ubiquitos computing , berikan pandangan menurut kelompok.
Jawaban hasil diskusi
1.       Teknologi sangat erat hubungannya dengan pendidikan. Teknologi disini bukan dipakai oleh orang orang yang ahli tapi oleh orang yang masih dalam proses belajar. Dengan semakin perkembangan era globalisasi ini, teknologi merupakan salah satu factor penunjang pendidikan kea rah yang lebih baik. Namun harus didukung juga dengan kemampuan SDM dalam penggunaan teknologi tersebut.
Nah, kemudian dari proses belajar itulah teknologi dan pendidikan bersinggungan. Berikut ini beberapa persinggungannya :
·         Dalam proses belajar, penyampaian materi menggunakan metode persentase. Alat yang biasa yang di pakai : infocus, proyektor, laptop, dsb.
Dimana pengajar menyampaikan materi menggunakan teknologi dan pengajar menerima informasi dengan audio-visual dari teknologi tersebut.
·         Pada saat pengajar memberikan tugas pada pelajar, yang menuntut pelajar tersebut untuk mencari informasi pengetahuan dengan menggunakan media teknologi seperti internet.
·         Pengumpulan tugas dengan menggunakan e-mail.
·         Pelajar dalam mengerjakan tugas makalah akan menggunakan media teknologi seperti laptop, computer untuk mengetik.
·         Pembelajaran e-learning.
·         Media pembelajaran  teknologi seperti televisi, computer dalam pembelajaran melalui video.
2.       Perbandingan yang ditemukandari buku Psikologi pendidikan John W. Santrock hal 496-499, dengan kenyataan yang kami temukan semasa kami di sekolah dulu. Pada buku beberapa standarisasi pengukuran teknologi pada tingkatan pendidikan.
a.       Pra kanak-kanak – grade 2
·   Anak – anak diharapkan sudah dapat menggunakan alat-alat input.
·   Anak anak harus mampu melakukan Variasi media pembelajaran dan belajar
·   Pemakaian multimedia yang tepat
·   Kerja sama dengan teman menggunakan teknologi.
Pada masa kami sekolah pada pra kanak-kanak – grade 2, kami belum menggunakan bahkan belum mengenal teknoogi dalam proses pembelajaran.
b.      Grade 3 – 5
·   Menggunakan input-output dengan baik dan efektif
·   Mendiskusikan keuntungan dan kerugian dari teknologi
·   Menggunakan teknoogi untuk menyeleksi informasi dan sumber daya online
·   Menggunakan teknologi untuk memcahkan masalah seperti kalkulasi
Pada masa kami grade 3-5, sebagian dari kami telah mengenal dan menggunakan hal-hal diatas dalam proses pembelajaran tetapi masih lebih banyak yang belum menggunakannya dalam proses pembelajaran.
c.       Grade 6 – 8
·   Mengaplikasikan strategi untuk memecahkan masalah hardware dan software
·   Menunujukkan pengetahuan tentang peruubahan teknologi dan efeknya pada lapangan kerja.
·   Menggunakan alat-alat spesifik dari teknologi untuk pembelajaran dan riset.
·   Desain, mengembangkan atau mempublikasikan dan paparkan produk.
·   Mengevaluasikan penggunaan teknologi yang berkaitan dengan problem dunia maya.
Pada masa kami sekolah pada pra grade 6 -8, kami belum menerapkan hal hal di atas, tetapi kebanyakkan dari kami mendapatkan hal-hal tersebut pada grade 10 – 12
d.      Grade 9 – 12
·   Mengidentifikasikan dan menilai potensi dari system dan layanan teknologi untuk memenuhi kebutuhan personal dan pekerjaan
·   Menggunakan sumber daya teknologi untuk mngolah dan mengkomunikasikan informasi personal dan professional.
·   Menggunakan informasi online untuk memenuhi kebutuhan riset publikasi dan komunikasi
·   Memilih dan mengaplikasika untuk riset.
Dalam tingkatan ini, sekolah kami semua telah menerapkannya dalam proses pembelajaran kami.
3.       Menurut kelompok kami, Ubiquite Computing adalah suatu situasi yang berupa dunia pasca PC dimana perangkat teknoogi umum seperti telepon, dan alat-alat elektronik lainnya terkoneksi dengnan internet dan pengguna tidak menyadari perangkat berada di lingkungan yang terkoneksi.
Pandangan menurut kelompok kami, ada negattif dan positif. Positifnya, teknologi sudah tersebar menjadi mempermudah segala hal-hal yang dibutuhkan dalam mencari informasi luar dan dengan di buatnya koneksi internet di seluruh ingkungan, masyrakat umum pun dengan mudah menggunakannya, orang yang kurang mampu pun bisa menggunakannya karena harga yang murah.
Bagian negatifnya menurut kami, privacy seseorang sudah tidak ada karena koneksi tersebut, manusia ebih individualis yang kurang berinteraksi secara langsung dengan sesame dan juga akan banyak terjadi kejahatan kejahatan teknologi.

Tanggapan:

1. Rossie Janette ( kelompok 8)
- Hal-hal yang tidak baik seperti apa yang dapat ditimbulkan olehUbiquitous computing?
- Apa yang menyebabkan ketergantungan dalam Ubiquitous computing ?
Jawab:
- Hal-hal yang tidak baik, contohnya ialah kemudahan untuk mengakses situs yang tidak senonoh, seperti pornografi. Selain itu, dapat menimbulkan kecenderungan anak didik untuk tidak belajar yaitu membuka situs-situs di internet pada saat kegiatan belajar-mengajar sedang berlangsung.
- Salah satu yang menyebabkan ketergantungan ialah adanya fasilitas wi-fi di berbagai tempat yang memberi kemudahan untuk mengakses internet sehingga menyebabkan ketergantungan.


2. Ririn Hapsari ( kelompok 6)
- (Ririn bertanya megenai kesenjangan hubungan sosial dengan perkembangan teknologi. Namun kesenjangan kami kami maksud adalah kesenjangan ekonomi yang terjadi antara masyarakat kalangan atas –yang sudah akrab dengan teknologi- dan masyarakat bawah yang mungkin belum tersentuh teknologi sama sekali).
Daftar pustaka :
Santrock., J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua) (h 492-505). Jakarta: Prenada Media